Teknologi Flashdisk + Memory

12.56 anini 0 Comments


v Apa itu flashdisk ? sejarah dan cara kerjanya?


Pada artikel ini saya akan membahas perangkat keras eksternal yaitu flashdisk atau istilah umumnya biasa sering disebut sebagai USB. Berikut ini adalah pengertian dan sejarah dari flashdisk.
·     Pengertian dari USB Flash Drive/Memori/Disk.

USB flash Driver adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash Disk ini sendiri biasanya ada yang kecil, ringan , serta bisa dibaca dan ditulis. USB flash driver memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket. Alat ini lebih cepat , kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket. Flashdisk atau juga flash memory itu memiliki arti lain yaitu media penyimpanan yang berjenis “non-volatile” yang berarti tidak memerlukan power untuk menjaga keberadaan data. Flash memory ini hampir sama dengan EEPROMC (Electrically Erasable Programmanle ROM) kapasitas memorinya pun beragam, mempunyai kemampuan transfer data untuk penulisan mencpai 88 Mbps sedangkan untuk  pembacaan mencapai 5 Mbps. Para ilmuan sendiri membuatnya menjadi sistem penyimpanan data portabel, mirip disket, maka sering disebut Flash Disk. Tipe lain dari Flash Memory biasanya digunakan dalam perangkat portable yang dikendalikan oleh baterai (MP3 Player, Phone Cellular, Kamera digital dll.).

·     Sejarah penemuan Flash disk.

Saat ini ada empat entitas yang mengklaim menemukan flash disk USB.
1.    Dov Moran dari M-Systems 
2.    Pua Khein Seng Phison Elektronik
3.    Teknologi Trek 
4.    Teknologi Netac . 



ü  Produk komersial pertama

Trek Teknologi dan IBM mulai menjual USB drive flash pertama secara komersial pada tahun 2000. Singapura Trek Teknologi menjual model dengan merek "thumbdrive", dan IBM memasarkan drive tersebut pertama kali di Amerika Utara dengan produk bernama "DiskOnKey" yang dikembangkan dan diproduksi oleh M-Systems sebuah perusahaan yang berbasis di Israel. Memiliki kapasitas penyimpanan 8 MB , lima kali lebih besar daripada kapasitas disket pada waktu itu.  Pada tahun 2000 Lexar memperkenalkan Compact Flash (CF) dengan koneksi USB, dan kabel USB untuk hub USB. 


ü  Generasi kedua

Modern flash drive menggunakan USB 2.0 konektivitas. Namun, UFD saat ini tidak menggunakan penuh kecepatan transfer 480 Mbit/s (60MB / s). Kecepatan transfer file bervariasi pada UFD, Kecepatan dalam satuan Mbyte per detik seperti "180X" berarti 180 x 150 KiB/s. Beberapa UFD dapat membaca data hingga 30 megabyte / s (MB / s) dan menulis data sekitar setengahnya. Kecepatan Transfer Ini sekitar 20 kali lebih cepat dari USB 1.1 pada kecepatan penuh yang terbatas pada kecepatan maksimum 12 Mbit / s (1,5 MB / s).


ü  Generasi ketiga

Seperti USB 2.0 sebelumnya, USB 3.0 menawarkan kecepatan transfer data secara dramatis meningkat dibandingkan dengan pendahulunya. USB 3.0 mampu mencapai kecepatan transfer hingga 5Gbit / s, dibandingkan dengan USB 2.0 's 480 Mbit / s. Semua perangkat USB 3.0 ke bawah kompatibel dengan port USB 2.0. Meskipun USB 3.0 memungkinkan kecepatan transfer data yang sangat tinggi, tapi sebagian besar USB 3.0 Flash Drives tidak memanfaatkan kekuatan penuh dari interface USB 3.0 karena keterbatasan kontroler memori mereka.



§  Desain dan  implementasi pada USB.




Salah satu ujung perangkat ini dilengkapi dengan satu konektot standar yaitu USB. Ada empat bagian yang biasanya ada di dalam flash driver.

1.    Konektor berfungsi untuk menghubungkan peripheral yang terdapat dalam flash disk ke port USB untuk kemudian di akses oleh SO.
2.    Pengontrol penyimpanan memory berfungsi mengontrol dan menyediakan penghubung ke alat Flash disk yang bertugas menjaga kesetabilan perangkat. Pengontrol berisi suatu RISC mikro prosesor berukuran kecil dan hampir sama pada RAM.
3.    Lalu Point test ini berkerja selama perangkat mengecek dan mengirimkan kode ke microprocessor
4.    Setelah kita membuat suatu file dan menyimpannya di flash disk maka bagian ini adalah tempat menyimpan datanya, biasanya juga digunakan di dalam kamera digital.
5.    Perangkat ini menghasilkan 12 MHZ sinyal dari perangkat utama dan mengendalikan keluaran data perangkat sampai sebuah tahap penguncian..
6.    Lampu indikator berfungsi untuk menandai adanya transfer data atau adanya data yang dibaca dan data yang ditulis.
7.    Menandai apakah perangkat ada di dalam mode “write protection” atau tidak.
8.    Ruang kosong disediakan untuk tambahan satu flash memory, dan dapat digunakan untuk menyimpan data lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.






Ø  Rahasia Kegunaan Flash Disk:

1. Menghubungkan Ke Jaringan Wi-Fi.

Flash Disk ini bisa digunakan untuk menyimpang password wifi yang sebelumnya pernah kita login, jadi untuk menghubungkan komputer ke jaringan wifi yang berpasword bisa lebih cepat dengan hanya menancapkan USB Flashdisk ini, caranya dengan fitur yang memang sudah ada pada windows, yang memang bisa mnyimpan history password pada flashdisk ini, data wifi tersebut bisa disimpan dengan cara klik ikon wireless-klik kanan wifi yang baru digunakan -properties. klik link copy network profile to a USB Falsh drive-klik next. makan akan langsung tersimpan profil dari wifi yang kita gunakan tadi.


2. Membuka dan Mengunci Komputer

Flash Disk ini juga bisa digunakan untuk kunci sebuah komputer, jadi bisa untuk membuka dan mengunci perangkat komputer anda. Cukup dengan mencolokkan Flash Disk untuk membuka, dan ketika Flash Disk Dicabut maka seketike PC akan otomatis Locked.
Untuk menggunakan fitur ini anda terlebih dahulu harus memasang aplikasi yang bernama predator. Fitur rahasia flash disk ini akan berfungsi seperti kunci manual windows, hanya saja jika kalian menggunakan flash disk ini kalian tak perlu memasukan password.


3. Meningkatkan Kinerja Komputer.

Fitur rahasia flash disk selanjutnya adalah meningkatkan kinerja komputer yang lambat, dengan bantuan sebuah aplikasi readybosst, fungsinya adalah readybost ini akan membaca cache file yang sering dibuka dari flash disk, sehingga bisa meningkatkan kinerja dari komputer kalian.


4.Menjalankan Aplikasi Portable.

Selain untuk menyimpan data, Kegunaan Flash Disk ini juga bisa menjalankan aplikasi portable dari drive USB, misalnya open office yang merupakan office suit lengkap, anda bahkan bisa menginstal seluruh aplikasi yang mencakup seperti pemutar audio, permainan, utilitas dan sistem menu dari flash disk ini.

Nah itu tadi adalah beberapa fitur Rahasia Kegunaan Flash Disk Yang Mungkin Anda Belum Tau selain gunanya sebagai alat penyimpan data, ternyata banyak juga kegunaan lain yang bisa mempermudah anda

§  Keunggulan
a)      Mudah di bawa kemana mana karena bentuknya yang mungil dengan kapasitas penyimpanan data besar .
b)      Dapat digunakan menyimpan data digital berupa gambar, teks, audio dan sebagainya.
c)      Dapat dipasang sistem pengaman berupa password agar tidak semua orang  bisa menggunakannya.

§  Kelemahan
a)       Mudah terserang program jahat  komputer dan menyebarkannya ke   perangkat lainnya.
b)      Apabila mencabut flashdisk saat masih bekerja mentransfer data bisa cepet rusak.



v   Hubungan flashdisk sebagai memory.

·        Pengertian memory.
Memory merupakan bagian yang cukup penting di era digital karena merupakan sarana berkelebatnya data pada proses komputasi. Baik yang harus tergantung pada daya listrik seperti RAM (Random Access Memory), maupun yang tidak tergantung pada daya listrik seperti ROM (Read Only Memory).

ü  Kapasitas
Memory yang pada awalnya masih berkapasitas KiloByte (KB) kini terus berkembang dengan kapasitas yang makin besar mengikuti kebutuhan prosesor, mulai dari MegaByte (MB) hingga GigaByte (GB). Kapasitas memory yang ada dipasaran sekarang berkisar 128 GB.
Selain meningkat dari sisi kapasitas, memory juga ditingkatkan dari sisi kecepatan aksesnya, hal ini sejalan dengan kecepatan prosesor dan disain terbaru motherboard, khususnya untuk pemakaian pada komputer gamer dan disain.

ü  Kecepatan
Saat ini sudah dipasarkan DDR4, sebagai peningkatan kecepatan dari DDR1, DDR2 dan DDR3. Diperkirakan di tahun 2015, posisi DDR4 sudah akan menggantikan DDR3 yang saat ini masih menguasai pasar memory.
Memory dengan kecepatan tinggi juga diperlukan untuk keperluan fotografi, dalam bentuk SDHC (Secure Digital High Capacity) maupun micro SDHC.
Memory dengan kecepatan tinggi dimanfaatkan juga untuk mendukung teknologi overclocking yang sering digunakan untuk komputer game.

ü  Flash disk
Flash disk juga bisa digolongkan sebagai memory, meski juga berfungsi sebagai storageuntuk backup file data dalam kapasitas terbatas, karena dapat difungsikan untuk bootingmaupun inisiasi program.
Sekarang sudah dikembangkan flash disk dengan masukan (input) yang lebih kecil, agar dapat digunakan pada smartphone, untuk menyimpan foto yang dianggap penting.
Kapasitas flash disk dipasaran saat ini berkisar antara 128GB - 1 Tera Byte (TB).


Referensi dari 
http://surtitanjung30.blogspot.co.id/2014/12/artikel-tentang-teknologi-flashdisk.html

You Might Also Like

0 komentar: